Ciri-Ciri Kanker Testis

Kanker Testis adlah kanker yang terjadi ketika sel-sel mulai tumbuh secra abnormal pada bagian testis. Kanker testis adalah jenis kanker yang cukup langka, tapi kondisi ini paling sering menjangkiti pria pada usia 15-49 tahun.

Testi adalah organ seks pria yang berbentuk oval yang berada dalam skrotum atau kantong kemaluan. Testis adalah bagian penting dala sistem reproduksi pria karena organ inilah yang menghasilkan hormon testosteron dan sperma. Kedua testis ini peran yang paling vital dalam perkembangan dan fungsi seksual seorang pria.

Berikut adalah ciri-ciri gejala awal kanker testis sebagai berikut.

>> Tubuh terasa tah sehat
Tubuh bakal tak terasa sehat dan tak nyaman bagi anda. Mungkin rasa tak enak badan ini bakal dikaitkan dengan kondisi masuk angin tanpa sedikit pun rasa curiga akan adanya sel kanker yang mulai tumbuh. Ketika tubuh anda terasa lelah dan tah enak badan dan adanya benjolan atau pembengkakan pada testis serta rasa pegal yang yang datang dan pergi, anda sebaiknya periksakan ke dokter pemeriksaan fisik lanjutan adlah hal yang dianjurkan karena memberikan jawaban detail akan masalah ini.

>> Cepat lelah
Daya tahan tubuh yang rendah dapat menjadi penyebabnya, tapi ketika tubuh merasa lelah tanpa alasan yang jelas, anda patut curiga, kelelahan dengan disertai gejala tyang sudah disebutkan sebelumnya dapat mengartikan adanya kanker pada testis anda.

>> Testis terasa sakit
Bagian testis juga akan merasakan ketidaknyamanan akibat rasa sakit dn tak nyaman. Namun rasa ini sama seperti rasa pegal kadang muncul dan kadang menghilang. Oleh karena itu menempuh jalur pemeriksaan medis akan memberikan keterangan lengkap mengenai hal ini.

>> Timbul Benjolan
Mirip dengan kondisi kanker lainnya, seperti kanker payudara misalnya, ada benjolan pada bagian tertentu yang menandakan adanya tumor yang tumbuh. Benjolan ini biasanya bakal muncul di salah satu testis sehingga memang dibutuhkan kejelian ketika merasakan perbedaan pada anggota tubuh.

>> Skrotum lebih berat
Gejala awal lainnya harus anda waspadai adalah lebih beratnya skrotum. Bila rasanya lebi berat dari normalnya, dan hal ini tak kunjung kembali wajar, anda sebaiknya datang ke dokter. Tentu memeriksakan diri jauh lebih membantu, khususnya jika muncul juga gejala lainnya.

>> Pembekakan pada testis
Pembekakan yang terjadi pada salah satu testis juga masih termasuk di dalam gejala awal kanker testis. Gejala ini cukup terbilang umum dan biasanya akan timbul disertai rasa sakit.

>> Pegal pada testis dan skrotum
Penderita juga kemungkinan besar akan merasakan ada yang tidak beres dan tidak nyaman pada bagian skrotum dan testisnya. Salah satu gejala awalnya adalah timbul rasa pegal di kedua area tersebut. Terkadang penderita mengabaikannya karena rasa pegal tersebut tak bertahan lama sehingga tak menimbulkan kecurigaan.

Rasa pegal tersebut akan sementara, namun meski hanya timbul sementara dan hilang, beberapa waktu kemudian akan muncul kembali. Inilah gejala yang datang dan pergi sehingga membuat penderitanya merasa tak perlu memeriksakan diri ke dokter. Memeriksa kedokter adalah salah satu keputusan paling baik untuk dilakukan.

Related Posts:

0 Response to "Ciri-Ciri Kanker Testis"

Post a Comment